Berbagi tips dan trik seputar blogging dan seo

Cara Mempercepat Loading Pada Blog

Cara meringankan loading pada blog
Kecepatan loading situs (blog) yaitu hal yang begitu utama, baik untuk kenyamanan pengunjung serta SEO. Saat load (load time) yang sangat lama bisa membikin pengunjung ngacir sebelumnya bisa membaca semua isi satu halaman.
Sesungguhnya, lumrah jika situs (blog) mempunyai saat load yang agak lebih lama dari pada situs, lantaran situs (blog) sama dengan sebagian widget yang dipasang baik sebagai alat navigasi ataupun buat manfaat/feature yang lain. Rata-rata semuanya widget itu banyak yang menggunakan javascript, automatis saat loading cenderung lebih lama. Sebaiknya juga bila kita lakukan minimalisasi ukuran file yang dimuat.
Kecepatan internet di negara kita rata-rata lebih lambat di banding negara lain, hingga load time halaman sejauh dibawah 2 menit aku sangka masihlah lumrah serta ditolerir (mengingat banyak provider internet yang lemot).

Terdapat banyak poin yang bisa kita kerjakan buat kurangi saat loading situs (blog) berdasar pada elemen-elemennya :

1. Posts (Sisi Menulis)
Pada halaman paling utama (homepage), jumlah menulis atau artikel yang dipertunjukkan juga memengaruhi loading situs (blog). Jika menulis/artikel yang dipertunjukkan sangat banyak, jadi saat loading juga akanbertambah. Tunjukkan artikel-artikel pada halaman paling utama dengan jumlah yang sewajarnya, umpamanya 5. Buat mengesetnya, buka dashboard klik pada tataletak 'edit' pada tubuh situs (blog) post catat jumlah/angka menulis yang pingin ditampilkan. Simak gambar berikut :

Cara meringankan loading pada blog

Cara meringankan loading pada blog

Buat lebih memaksimalkannya, potong beberapa isi menulis/artikel pada halaman paling utama dengan memakai feature " auto readmore/baca setelah itu ".

2. JavaScript
JavaScript mempunyai waktu baca yang condong lebih lama, hingga jika ditempatkan diatas, browser bakal membaca lebih dulu, sedang elemen yang lain bakal menanti sampai loading itu usai. Mengakibatkan, elemen yang menginginkan selekasnya diliat jadi dipengaruhi, terutama sisi menulis/artikel. Oleh karenanya, elemen-elemen yang memiliki kandungan javascript (terlebih dibagian widget) baiknya ditempatkan dibagian bawah.
Pakai widget-widget keluaran Blogger serta Google lantaran javascript-nya bisa dimuat dengan cepat. Jika sangat terpaksa mesti memakai javascript eksternal, unggah serta hosting file js-nya cuma buat pemakaian pribadi. Pakai service unggah serta host javascript dengan load cepat serta buat pribadi.

3. CSS
CSS (Cascading Style Sheets) yaitu bahasa styling yang kerapkali kita berikan pada HTML. Lakukanlah pengompresan pada css, java script, pada templat sobat, baik dengan cara manual maupun dengan tool. Manfaatnya yaitu kurangi besar file serta saat baca browser. Lantas, tempatkan sebagian ketentuan CSS dibagian atas.

Jadi untuk mengoptimalkan loading blog sobat harus mengompres dua file tersebut yaitu file css dan java script dengan Compres css di sini

3 Responses to "Cara Mempercepat Loading Pada Blog"

  1. Pakai template yg seo dan jng bnyk widget menurut ane

    BalasHapus
  2. Gak semua templat SEO itu loadingnya ringan sob.

    BalasHapus
  3. Kalo ada widget banyak, itu ngaruh gak sama kecepatan loadingnya?

    BalasHapus