Berbagi tips dan trik seputar blogging dan seo

Cara Membuat Internal Link Pada Postingan Blog Menurut Seo Yang Efektif

Sudahkah anda akrab dengan apa itu internal link? Bagi anda yang masih asing dengan ini terlebih dahulu perlu diketahui apa itu internal link? Internal link merupakan sejumlah link yang saling berhubungan didalam website. Sebelum membahas tentang cara membuat internal link pada postingan blog menurut SEO terlebih dahulu ketahuilah bahwa internal link dapat menjadi penghubung antara postingan satu dengan postingan lainnya dalam satu website.

Membuat anchor text yang berkualitas SEO

   Pada dasarnya, yang membedakan link sebagai sebuah tautan adalah tujuan kemana link tersebut akan dikaitkan. Menurut arahnya, membangun internal link atau tautan terdiri dari 2 jenis yaitu link internal dan link eksternal. Link internal adalah sebuah link yang menjadi penghubung antara satu artikel dengan halaman artikel yang lainnya dalam satu blog. Sedangkan link eksternal adalah link yang menjadi penghubung dari satu halaman artikel menuju artikel dalam halaman lain pada lain blog.
   Nah, untuk membuat dan membangun internal link sebaiknya anda menggunakan anchor text. Nah, apa itu anchor text? Anchor text merupakan sebuah link text yang memberi arahan menuju halaman tertentu didalam sebuah website atau bisa juga mengarah pada URL web lainnya.

Lalu, bagaimana cara membuat anchor text yang baik dan efektif?
Saat membuat link, hal yang sebaiknya diperhatikan adalah penulisan anchor text serta title linknya. Caranya adalah dengan menggunakan keyword title link dan anchor text yang relevan dengan target yang dituju.

Penempatan internal Link yang berkualitas

Internal link bisa menjadi salah satu cara optimasi SEO yang paling ampuh jika digunakan dengan tepat dan akurat. Kemudian bagaimana cara membuat internal link pada postingan blog? Untuk membuat sebuah link pada suatu postingan, hanya perlu menambahkan atau memasukkan kode tag pada kode script yang sudah disediakan. Namun, sebelum masuk pada cara membuat internal link pada postingan blog perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara link biasa dengan link yang telah terlebih dahulu teroptimasi.
    Perbedaan antara link yang telah teroptimasi dengan link biasa terletak dibagian tooltipnya. Tooltip merupakan suatu deskripsi secara singkat saat kita mengarahkan pointer keatas link pada sebuah postingan. Nah, tidaklah terdapat terdapat tooltip ini pada link biasa. Akan tetapi, khusus untuk link yang telah teroptimasi telah terdapat tooltipnya disana.

Agar lebih jelasnya, berikut ini kami berikan enam petunjuk cara membuat internal link yang berkualitas dalam postingan blog.

1. Pilih jenis teks yang deskriptif yang ringkas Gunakanlah teks yang dapat menggambarkan halaman yang dituju dan hindari teks tautan yang terlalu umum seperti “klik disini”. Kata “klik disini” tidak mampu menggambarkan laman yang dituju sehingga kurang efektif untuk dijadikan sebagai link.

2. Gunakan warna tautan yang berbeda dari lainnya.

3. Hindari mengaitkan anchor text dengan laman yang berbeda Google pintar menganalisa kualitas link antar postingan sehingga jika ini dilakukan bisa jadi berdampak buruk pada website anda.

4. Hindari menggunakan tautan berupa alamat URL

Tujuan membuat internal link

Tujuan dalam membuat internal link adalah untuk menyediakan konten yang relevan pada pengunjung. Dengan mengaplikasikan cara membuat internal link pada postingan blog sehingga blog memiliki link salah satunya adalah agar pengunjung dapat memperoleh informasi secara lengkap dan menyeluruh. Ditambah lagi, dengan adanya internal link ini maka konten web akan semakin berkualitas dan meningkat. Inilah manfaat dari membangun internal link dalam SEO:

Dapat menambah page of view pada website anda. Para pengunjung web anda akan melihat postingan satu kepostingan lainnya yang saling berkaitan dan relevan. Oleh sebab itu, page of view pada website anda akan terus meningkat.

Meningkatkan PR dan Page of ViewDapat meningkatkan ranking pada page rank serta memperbaiki urutan ranking pada mesin pencari dengan meningkatnya page of view didalam web anda. Dengan meningkatnya ranking pada page of view maka hal tersebut menunjukkan bahwa popularitas serta aspek manfaat untuk para pengunjung semakin meningkat pula. Dengan begitu, secara tak langsung maka page rank pada website anda oleh mesin pencari juga akan meningkat.

Mempermudah proses indexMembantu memberikan kemudahan mesin pencari pada proses crawling serta indexing pada halaman web melalui cara menjejaki link internal pada postingan secara cepat dan mudah.

Didalam membangun internal link ada hal yang perlu dihindari yaitu hindari internal link yang sama sekali tidak berkaitan dan berhubungan dengan pembahasan didalam postingan. Substansi SEO adalah untuk membantu memberikan manfaat bagi para pengunjung dan mesin pencari. Sebuah internal link yang tidak memiliki keterkaitan serta hubungan yang relevan dapat mengurangi peran dari page of view pada web atau blog anda. Selain itu, penerapan internal link yang salah juga berakibat pada menjauhnya blog kita pada halaman pertama mesin pencari. Hal ini dikarenakan mesin pencari akan menyingkirkan konten yang memiliki dampak buruk bagi pengalaman para penggunanya di halaman awal. Nah, beberapa denda yang harus dibayar jika salah menerapkan internal link antara lain banned adsense. Jadi, hati-hati dalam menggunakannya!

0 Response to "Cara Membuat Internal Link Pada Postingan Blog Menurut Seo Yang Efektif"

Posting Komentar